Berikut Penjelasan Gejala Pada Kanker Kolorektal yang Perlu Diketahui

10 Faktor yang Membuat Anda Berisiko Terkena Kanker Kolorektal

Sumber : hellosehat.com

Kanker kolorektal merupakan kanker yang terjadi pada usus besar atau rektum. Kanker usus besar awalnya terjadi dimulai dengan adanya sel yang berukuran kecil, namun tidak bersifat kanker. Pada akhirnya, seiring waktu sel yang berukuran kecil akan dapat berkembang menjadi sel kanker. Itu adalah awal mula kanker kolorektal atau kanker usus besar. Maka dari itu, kita harus mempelajari gejala kanker kolorektal agar kita dapat mengantisipasinya terlebih dahulu. Pelajari gejala-gejala munculnya kanker, dan waspadai apabila gejala kanker mulai muncul. Lebih baik segera periksa dan konsultasikan kedokter dan jangan panik. Dengan berkonsultasi kedokter, akan segera dilakukan penanganan oleh dokter dan segera dapat diatasi. Kanker kolorektal ini sangat berbahaya bagi tubuh. Karena berkaitan dengan pencernaan manusia. Jika bagian pencernaan bermasalah, akan menimbulkan menurunnya kinerja tubuh manusia. Namun, belum terlambat apabila Anda belum merasakan gejala dan penyakit kanker ini. Sebelum terlambat, segera hindari faktor pemicu kanker kolorektal ini. Berikut diantara gejala kanker kolorektal dibawah ini.

Menurut alodokter.com, ada beberapa gejala kanker kolorektal yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah diare atau konstipasi, terasa tidak tuntas saat buang air besar, terdapat darah pada tinja, rasa mual, muntah, perut terasa nyeri, mudah lelah, dan turunnya berat badan tanpa sebab.

Selain itu, dilansir dari hellosehat.com, gejala yang muncul saat kanker kolorektal adalah :

  1. Setelah buang air besar perut masih terasa sakit
  2. Keluarnya darah dari anus
  3. Warna tinja gelap
  4. Terdapat darah pada tinja
  5. Nyeri dan kram pada perut
  6. Berat badan turun secara tiba-tiba
  7. Anemia karena penurunan jumlah sel darah

Selain itu, gejala kanker kolorektal lainnya dari referensi lainnya diantaranya adalah berubahnya kebiasaan buang air besar, diare atau sembelit, perut merasa tidak kosong setelah buang air besar, darah pada tinja yang menyebabkan tinja berwarna kehitaman, darah keluar dari rektum, sakit dan kembung pada perut, terasa kenyang walaupun belum makan diwaktu yang lama, berat badan turun dengan tiba-tiba, gumpalan di perut atau punggung ketika diperiksa dokter, dan kekurangan zat besi.

Ringkasan gejala kanker kolorektal dari berbagai sumber diantaranya adalah diantaranya :

  1. Perut merasa tidak kosong meskipun telah buang air besar
  2. Keluarnya darah dari anus
  3. Feses/tinja berwarna kehitaman
  4. Berat badan menurun secara tiba-tiba
  5. Terasa kenyang meskipun tidak makan dalam waktu lama
  6. Anemia karena kekurangan jumlah sel darah
  7. Kekurangan zat besi
  8. Sakit, nyeri, dan kram pada perut
  9. Diare atau konstipasi
  10. Sembelit 
  11. Rasa mual dan muntah
  12. Tubuh mudah lelah
  13. Perubahan kebiasaan pada buang air besar

Diatas adalah gejala yang muncul saat kanker kolorektal menyerang tubuh. Maka yang terpenting adalah jaga kesehatan tubuh dengan pola hidup yang sehat dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Lebih baik hindari jajan atau makan makanan diluar. Kita bisa jaga kesehatan dengan memasak makanan sendiri dengan bahan makanan yang bergizi dan dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu hindari pemicu dan penyebab munculnya kanker kolorektal. Apabila sudah muncul gejala kanker, sebaiknya periksakan kedokter dan konsultasikan kedokter agar mendapat penanganan dokter dengan segera.

Dan mencegah munculnya kanker lebih baik daripada mengobati. Lebih baik jika lakukan antisipasi dengan mempelajari gejala dan pemicu dari kanker kolorektal ini. Semoga pemaparan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*